Cara Jitu Cegah dan Hilangkan Karang Gigi


Karang gigi ialah plak yang mengeras di permukaan gigi. Karang gigi umumnya diketemukan di atas garis gusi. Saat disentuh memakai lidah, karang gigi condong kasar. 

Plak yang masih tipis bisa di hilangkan dengan teratur menggosok gigi serta bersihkan gigi gunakan benang (flossing). Tetapi, lain ceritanya jika plak telah tebal serta mengeras. 

Plak tebal serta mengeras perlu di hilangkan dengan perawatan spesial yang cuma dapat dikerjakan oleh dokter gigi. Di dunia medis, mekanisme pembersihan karang gigi diberi nama scaling. 

Langkah bersihkan karang gigi satu ini dikerjakan dengan alat yang disebutkan ultrasonic scaler. Alat spesial ini kerja merontokkan karang yang berada di antara gigi serta dibagian gari gusi. Ke-2 sisi ini umumnya susah dicapai dengan sikat gigi. 

Scaling gigi baiknya dikerjakan tiap enam bulan sekali. Dengan scaling, karang gigi yang benar-benar keras sekali juga bisa hilang. Walau demikian, ada orang yang mungkin perlu seringkali bolak-balik scaling sebab kehancuran gigi yang dirasakannya terlanjur kronis. 

Tetapi yang juga penting dimengerti ialah efek dampaknya. Proses scaling bisa memunculkan beberapa resikonya, seperti perdarahan, gusi abuh serta ngilu. Ini berlangsung sebab gusi serta gigi yang berkarang masih beradaptasi dengan proses scaling itu. 

Namun Anda tidak butuh cemas. Resikonya ini biasanya bisa berkurang selekasnya sesudah perawatan usai dikerjakan. 

Scaling ialah langkah hilangkan karang gigi yang paling cepat serta aman. Walau demikian, ada pula langkah yang lain agar karang gigi Anda tidak makin banyak serta kronis. 

1. Sikat gigi 2x satu hari 

Menggosok gigi dengan teratur masuk dalam daftar pertama jadi langkah hilangkan karang gigi. Khususnya untuk karang gigi yang masih berwarna putih. 

Beberapa pakar menyarankan tiap orang menggosok gigi sekitar 2x satu hari, pagi sesudah sarapan serta malam sebelum tidur. Agar betul-betul bersih, sikatlah gigi Anda sepanjang dua menit. 

Banyak orang seringkali menggosok gigi cepat sekali, bahkan juga cuma dalam hitungan detik. Walau sebenarnya, menggosok gigi begitu cepat tidak efisien sebab kotoran serta plak masih melekat di permukaan gigi. 

Merilis WebMD, Richard H. Price, DMD, penasihat customer untuk American Dental Association, merekomendasikan Anda untuk menyikat sepanjang 30 detik untuk masing-masiing empat sisi gigi (samping kanan, samping kiri, depan, dalam). 

Bila dikerjakan secara benar, keseluruhan waktu yang akan Anda butuhkan untuk menggosok gigi pas dua menit. 

2. Sikat gigi lewat cara yang benar 

Walau rajin menggosok gigi tiap hari, hasilnya akan percuma jika tekniknya salah. Mari coba cek , telah apakah benar tehnik menggosok gigi Anda? 

Sikatlah gigi Anda dengan pergerakan memutar dari atas ke bawah. Yakinkan Anda menyikat tiap sisi gigi hingga plak serta tersisa makanan yang melekat akan hilang. Dari mulai gigi geraham atau atau pada bagian belakang di satu diantara bagian mulut. 

Yakinkan Anda tidak menyikat begitu keras atau mendesak gigi. Rutinitas ini justru akan mengurangi permukaan luar gigi (enamel) yang menjadi penyebab gigi peka. Jadi, langkah bersihkan karang tidak harus dengan menggosok gigi semaksimal mungkin. 

3. Membersihkan gigi dengan benang 

Gigi putih bersih bebas noda ialah idaman tiap orang. Tetapi untuk memperolehnya kurang cukup dengan menggosok gigi 2x satu hari. 

Menggosok gigi cuma bersihkan permukaan gigi saja, tidaklah sampai mencapai sisi terdalam antara gigi. Walau sebenarnya, umumnya plak seringkali diketemukan dibagian antara gigi atau gusi. 

Karena itu, langkah lain yang dapat Anda kerjakan untuk hilangkan plak penyebab karang ialah bersihkan gigi dengan benang (dental floss). Benang gigi efisien untuk bersihkan antara serta sisi terdalam gigi yang susah dicapai oleh blu sikat. 

Teratur bersihkan gigi dengan benang dapat kurangi efek penyakit gusi serta berbau mulut. 

Bersihkan gigi dengan benang baiknya dikerjakan sesudah menggosok gigi. 

Geseklah benang di antara gigi dengan perlahan-lahan. Jauhi menggesek benang ke celah gigi serta gusi begitu keras. Bukanya bersih, hal itu justru bisa melukai gusi serta membuat jadi berdarah. 

4. Membersihkan lidah 

Tahukah Anda jika 50 % bakteri dalam mulut nyatanya bersarang di permukaan lidah? Karena itu itu, bersihkan lidah butuh jadi sisi dari kegiatan rutin kita seharian. 

Kombinasi air liur serta bakteri bisa membuat plak di atas permukaan lidah. Sayangnya, plak ini tidak dapat di hilangkan cukup dengan membilasnya dengan air atau berkumur gunakan obat kumur. 

Langkah paling baik serta paling efisien untuk hilangkan plak yang melekat di permukaan lidah dengan menyikat lidah. Anda dapat memakai sikat spesial lidah yang banyak di jual di market. 

Gosoklah lidah Anda dari pangkal lidah terdalam serta tarik perlahan-lahan ke depan pada sebuah pergerakan. Jangan digosok bolak-balik. Ulangilah langkah berikut seringkali sampai lidah Anda betul-betul bersih atau kesat. 

Janganlah lupa untuk bersihkan sisi samping lidah. Kemudian, berkumurlah dengan air bersih. 

5. Pilih sikat serta pasta gigi yang pas 

Menggunakan sikat serta pasta gigi yang benar bisa makin memuluskan langkah Anda hilangkan karang gigi. 

Pilih sikat gigi yang mempunyai bulu halus serta lembut. Cocokkan kepala gigi dengan lebar mulut Anda. Jadi, yakinkan jika kepala sikat tidaklah terlalu kebesaran atau kekecilan. 

Juga penting untuk pilih sikat yang gagangnya nyaman saat dipegang. Dengan demikian, Anda semakin lebih gampang untuk menggosok gigi dengan tehnik yang benar. 

Untuk pasta giginya, pilih yang memiliki kandungan fluoride. Senyawa satu ini bisa menolong bersihkan plak pemicu karang gigi. Tidak itu saja. Fluoride efisien membuat perlindungan serta jaga permukaan gigi dari kehancuran. 

6. Pakai obat kumur 

Berkumur gunakan mouthwash alias obat kumur jadi langkah pas untuk hilangkan karang gigi. 

Obat kumur bisa menolong merontokkan plak, kotoran, serta sisa-sisa makanan yang melekat di permukaan gigi. 

Bonusnya, obat kumur dapat menolong beri kesegaran aroma napas Anda. Dengan demikian, Anda jadi terlepas dari efek berbau mulut. 

Sekarang telah tersedia banyak bermacam produk obat kumur di market. Sebelum membelinya, bacalah dengan jeli serta cermat formasi bahan kimia di dalamnya, ya. 

Jauhi obat kumur yang memiliki kandungan alkohol sebab bisa mengakibatkan mulut kering. Yakinkan juga jika produk obat kumur yang Anda pakai sudah tercatat di Tubuh POM supaya jamin keamanannya. 

Berkumurlah gunakan obat kumur sesudah Anda menggosok gigi. Pakai obat kumur sesuai dosis yang berada di panduan penggunaan atau yang disarankan dokter. Dosis obat kumur yang terlalu berlebih bisa mengakibatkan resikonya atau overdosis yang jelek. 

7. Berhenti merokok 

Anda mungkin sangatlah jemu dengan peringatan bahaya merokok yang ada dimana saja. Sayangnya, ada banyak saja orang yang masih lakukan rutinitas jelek ini. 

Tidak hanya mengakibatkan masalah peranan jantung serta paru-paru, merokok nyatanya dapat mengakibatkan permasalahan gigi serta mulut. Diantaranya, karang gigi. 

Kandungan bahan kimia dalam rokok bisa menyebabkan pembentukkan karang gigi yang makin banyak. Bahkan juga, karang gigi orang yang merokok condong berwarna hitam pekat daripada Anda yang tidak merokok. 

Itu mengapa berhenti merokok adalah langkah pas untuk menolong hilangkan karang gigi. Awalilah dengan perlahan-lahan serta jangan sangsi untuk minta pertolongan dari keluarga atau kerabat dekat. Suport dari beberapa orang tercinta bisa menolong membulatkan kemauan Anda untuk berhenti merokok. 

Jika semua langkah telah Anda kerjakan tetapi tidak menimbulkan hasil positif, berobat ke dokter jalan keluarnya. Dokter bisa mereferensikan beberapa perawatan tersendiri yang menolong Anda untuk berhenti merokok. 

8. Banyak minum air putih 

Ingin karang gigi hilang serta tidak berubah kronis? Minum air putih mungkin saja jalan keluar. Banyak minum air bisa menolong tingkatkan produksi air liur di mulut. 

Air liur berperan untuk jaga kelembaban mulut serta meluruhkan plak serta sisa-sisa makanan yang berada di permukaan gigi. Enzim yang terdapat di air liur dapat menolong menantang bakteri pemicu infeksi di mulut. 

Jika Anda tidak senang dengan rasa air putih, Anda dapat mengakalinya lewat cara lain. Imbuhkan potongan buah-buahan fresh atau rempah dedaunan di air putih, seperti lemon, strobery, kiwi, jahe, dan lain-lain. 

Sebetulnya tidak ada ukuran harus berapakah banyak Anda minum dalam satu hari. Karena, keperluan cairan tiap orang berlainan, bergantung pada umur serta kegiatan fisik yang dikerjakan tiap hari. 

Pada prinsipnya, minumlah air setiap saat Anda merasakan haus. Agar tidak cepat kembung, lebih baik minum sedikit-sedikit tetapi seringkali. 

Langkah hilangkan karang gigi satu ini termasuk gampang dan murah. Jadi, tidak ada fakta tidak untuk minum air putih tiap hari. 

9. Bijak pilih makanan 

Jeli pilih makanan yang Anda makan tiap hari jadi satu diantara langkah hilangkan karang gigi. Masalahnya apa yang Anda makan akan merubah perubahan bakteri serta plak di mulut. 

Makin manis atau asam makanan Anda, makin banyak juga bakteri berkembang biak di mulut. Bakteri, plak, serta tersisa makanan yang dibiarkan terus menumpuk menyebabkan pembentukkan karang gigi. 

Itu penyebabnya, minuman dan makanan yang manis semestinya dibatasi.

Belum ada Komentar untuk "Cara Jitu Cegah dan Hilangkan Karang Gigi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel