Tips Memburu Sunrise di Gunung Bromo


Memburu sunrise di dekat Gunung Bromo, Jawa Timur demikian disukai traveler. Agar hasilnya optimal ada beberapa panduan yang bisa dicoba. 

Wisata Gunung Bromo tidak lengkap tanpa ada mengincar sunrise. Banyak traveler dari banyaknya wilayah yang ikhlas bangun pagi-pagi sekali untuk mencapai spot yang pas buat rasakan indahnya syahdunyakeadaan pagi Bromo. 

Buat traveler yang kehendaki memburu sunrise di Bromo, ada beberapa hal yang butuh dihiraukan sebelum memulai perjalanan, berikut panduan memburu sunrise Bromo: 

1. Memastikan agenda keberangkatan 

Waktu paling baik untuk rasakan sunrise Bromo adalah saat musim kemarau,sepanjang bulan Juli sampai September. Cuaca lebih cerah, sunrise bisa lebih terlihat jelas tanpa ada terhambat kabut. Tentu saja jika hadir saat hujan turun serta berkabut, sunrise kurang optimal kelihatan. 

Jauh hari sebelum pergi upayakan traveler sudah booking homestay terlebih dulu, demikian juga untuk jeep. Kendaraan ini demikian penting karena perjalanan ke arah view poin sunrise Bromo mestidengan jeep, tidak bisa asal-asalan naik mobil pribadi. 

2. Spot paling baik melihat sunrise 

Umumnya spot yang menjadi kecintaan traveler untuk melihat sunriseialah Penanjakan 1. Ini masuk di distrik Kabupaten Pasuruan, di elevasi 2.770 mdpl. Gunung Bromo dapat kelihatan dengan jelas dari sini, Gunung Semeru kelihatan dari kejauhan. 

Tetapi di samping Penanjakan 1 masih ada pilihan spot beda yang tidak kalah indah, seperti Penanjakan 1, Bukit Cinta serta Bukit Kingkong. Sesudah mentari keluar, traveler dapat lanjut rasakan keindahan dari view poin yang ada, foto-foto berlatar Gunung Bromo yang menarik. 

3. Siap bangun lebih pagi 

Untuk mendapatkan tempat yang cocok buat melihat sunrise, usahakantraveler sudah datang di Penanjakan 1 benar-benar tidak jam 03.30 atau 04.00 WIB. Ditambah lagi jika hadir diakhir minggu, dimana traveler yang maumenyaksikan sunrise demikian ramai. 

Karena itu upayakan jam embarkasi dari penginapan sesuai. Bila bermalam di ruang Tosari, Kabupaten Pasuruan, perjalanan ke arah Penanjakan 1selama 45 menit. Jadi bisa pergi jam 02.30 atau jam 03.00. Sedang jika bermalam di Malang, karena jaraknya lebih jauh, usahakanberangkat sepanjang jam 00.00 WIB malam. 

4. Gunakan baju yang pas 

Dengan suhu yang dingin di pegunungan, tidak bisa lupa untuk kenakan pakaian hangat. Gunakan jaket tebal, kupluk, kaus kaki, juga sarung tangan. Buat alas kaki, gunakanlah sepatu trekking yang benar-benar nyaman. 

5. Bawa serta uang kontan 
Cukup susah memburu ATM di dekat Bromo. Bawa uang kontan seperlunya untuk keperluan sepanjang wisata, seperti untuk menunaikan ticket masuk,lakukan pembelian minuman hangat, atau makanan ringan untuk mengganjal lapar pada pagi hari. Banyak warung yang pasarkan jajanan dan minuman hangatdi dekat Penanjakan 1. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Memburu Sunrise di Gunung Bromo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel