Ternyata Terlalu Lama Duduk Bikin Tumpul Ingatan


Jaman sekarang makin banyak orang yang jalani gaya hidup sedentary, yakni kuras waktu dalam sikap duduk terlalu lama. 

Bukan sekedar di kantor, saat akhir minggu juga banyak orang yang lebih pilih untuk santai di sofa sambil maraton tonton serial kecintaan. 

Walau sebenarnya, seputar sekian tahun semua dokter serta ilmuwan telah mengingatkan, duduk terlalu lama punyai banyak dampak buruk untuk kesehatan. Tetapi, studi baru yang diedarkan dalam jurnal PLOS One ungkap, duduk terlalu lama bisa ganti ruang pikiran yang vital untuk daya ingat. 

Dalam studi terbaru masalah dampak duduk ini, semua periset pelajari kesehatan pikiran dari 35 orang yang berumur di antara 45 - 75. Beberapa orang ini disuruh membalas pertanyaan sekitar tingkat keaktifan mereka. Terhitung, sebegitu banyak mereka duduk, berjalan, atau berolahraga masing-masing hari. 

Lalu, simpatisan jalani pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI)agar beberapa periset bisa lihat tempat temporal lobe di otak tiap orang barusan. Ruang ini membantu membuat masa lalu baru. 

Team periset memburu skema di antara duduk, tingkat keaktifan, serta ketebalan otak. Mereka mengaitkan, beberapa orang yang duduk lebih lama, lebih barangkali memiliki temporal lobe yang tipis. 

Banyak dampak jelek lain 

Awalnya, studi dari Australia temukan, lelaki yang duduk minimum enam jam satu hari, lebih mungkin merasakan capek, tegang, resah serta putus harapan dibanding dengan mereka yang banyak bergerak. 

Meta-analisis dari Jerman temukan, beberapa orang yang kuras sejumlah besar waktu semasing hari dengan duduk, lebih beresiko tinggi didiagnosis kanker kolon, dikomparasikan mereka yang aktif. 

Belum juga, duduk terlalu lama diasumsikan juga dengan menambahnya efek terkena diabetes, obesitas, serta sakit punggung. 

Jadi, sebegitu sering harus bergerak? 

Berdasar info dari beberapa ahli kesehatan, semua pekerja kantoran yang bergelut di muka meja, perlu bergerak aktif seputar dua jam satu hari. 

Diedarkan dalam British Journal of Sports Medicine, satu studi yang dilaksanakan kombinasi dokter serta ilmuwan internasional putuskan hal di atas. 

Agar bisa memperoleh masalah ini, pekerjaan yang dikerjakan sekalian duduk harus sering kali diselingi dengan berdiri, atau memungut interval untuk bergerak aktif di antara pekerjaan.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Terlalu Lama Duduk Bikin Tumpul Ingatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel