Dari Penyakit Hingga Iritasi Bisa Jadi Penyebab Anus Gatal


Rasa gatal pada anus pasti tidak nyaman serta mungkin membuat malu untuk umumnya orang. Sensasi itu bahkan juga dapat makin bertambah kronis hingga Anda merasakan butuh menggaruk berulang-kali. Lalu, apa sebetulnya sebagai pemicu anus gatal? 

Bermacam pemicu anus gatal 

Ada beberapa jenis hal yang mengakibatkan rasa gatal pada anus, dari mulai iritasi sampai keadaan kesehatan tersendiri. 

1. Tidak bersihkan dengan prima habis BAB 

Anus ialah lubang tempat keluarnya feses. Feses terdiri atas ampas makanan, bakteri, serta beberapa jenis senyawa kimia tersisa pencernaan. 

Beberapa senyawa kimia pada feses kadang memunculkan rasa gatal waktu melalui anus. 

Bila tidak bersihkan pantat secara baik sesudah buang air besar, feses dapat melekat pada anus. Gabungan beberapa bakteri serta senyawa kimia pada feses pada akhirnya jadi parah keadaan anus yang gatal. 

2. Iritasi karena penyakit atau produk pembersih 

Iritasi adalah pemicu paling umum dari rasa gatal pada anus. Pemicunya dapat datang dari masalah pada skema pencernaan, seperti sembelit serta diare akut. 

Iritasi di wilayah anus dapat juga dikarenakan oleh penyakit kulit yang menyerang semua badan, seperti kudis serta psoriasis. 

Anda pun harus jeli waktu pilih produk pembersih badan. Produk seperti sabun, bedak, semprotan memiliki kandungan minyak wangi, serta tisu basah dapat mengakibatkan iritasi pada anus. 

Rasa gatal dapat makin kronis bila Anda bersihkan anus dengan air bersuhu panas. 

3. Skema makan 

Makanan dan minuman yang Anda mengonsumsi punya pengaruh pada keadaan feses serta anus. Misalnya, kopi dapat melapangkan otot anus hingga feses lebih gampang keluar. Feses jadi lebih gampang melekat pada anus serta mengakibatkan gatal. 

Beberapa macam minuman dan makanan jadi pemicu anus gatal dengan menyebabkan iritasi pada ruang itu.Minuman dan makanan yang butuh dibatasi waktu anus berasa gatal diantaranya: 
  • Buah-buahan sitrus, seperti jeruk serta lemon 
  • Makanan pedas, saus, sambal, bubuk cabai, serta sejenisnya 
  • Cokelat 
  • Kacang-kacangan 
  • Susu serta produknya 
  • Teh 
  • Minuman tambah energi, soda, serta bir 

4. Pemakaian antibiotik 

Antibiotik kerja dengan membunuh atau menghalangi perkembangan bakteri. Tetapi, ini bermakna bakteri berguna yang ada pada anus mungkin mati. 

Mengakibatkan, kesetimbangan jumlahnya bakteri anus juga terusik hingga anus rawan diserang mikroba lain. 

Type antibiotik yang punya potensi jadi pemicu anus gatal ialah antibiotik berspektrum luas seperti tetracycline serta erythromycin. Obat ini kerja dengan memberantas semua bakteri, baik yang bikin rugi atau berguna buat kesehatan. 

5. Masalah pada skema pencernaan 

Unsur yang lain yang seringkali mengakibatkan rasa gatal pada anus ialah masalah skema pencernaan. Anda mungkin alami aduan ini jika mempunyai keadaan misalnya: 

  • Wasir. Penyakit ini diikuti dengan pembengkakan pembuluh darah pada rektum serta anus. Pembuluh yang darah abuh bisa menyebabkan reaksi peradangan. Satu diantara gejalanya ialah rasa gatal serta sensasi terbakar. 
  • Robekan atau cedera pada anus. Anus dapat alami robek karena seringkali mengejan waktu BAB, diare akut, dan penyakit Crohn’s. Cedera robek bisa memunculkan tanda-tanda berbentuk rasa gatal. 
  • Fistula ani. Keadaan ini diikuti dengan terbentuknya aliran di antara usus besar serta anus. Aliran itu umumnya alami infeksi, selanjutnya menyebabkan rasa perih serta gatal pada anus. 
  • Infeksi bakteri, jamur, atau ragi. Infeksi pada anus akan menyebabkan peradangan serta ruam kemerahan. Mengakibatkan, anus berasa gatal. 
  • Kutil kelamin. Pemicu anus gatal dapat datang dari infeksi menyebar seksual seperti kutil kelamin. Penyakit ini dikarenakan oleh infeksi human papillomavirus dengan tanda-tanda ciri khas berbentuk rasa gatal. 

Rasa gatal pada anus ialah keadaan umum yang akan hilang dalam sekejap. Tetapi, Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter jika rasa gatal tidak segera hilang atau dibarengi tanda-tanda lain. 

Permasalahan pada anus umumnya bisa ditangani oleh dokter umum. Pada beberapa kasus tersendiri, dokter spesialis mungkin butuh lakukan kontrol kelanjutan untuk tahu pemicu anus gatal.

Belum ada Komentar untuk "Dari Penyakit Hingga Iritasi Bisa Jadi Penyebab Anus Gatal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel